Wednesday, June 19, 2013

Permasalahan Ledakan Penduduk di Indonesia

Indonesia...

Sebuah negara kesatuan yang terdiri dari pulau-pulau dan laut merupakan penghubungnya.
Di Indonesia, banyak permasalahan yang sulit untuk di hilangkan. Salah satu masalah itu adalah tentang ledakan penduduk atau yang dikenal juga dengan "Booming Population".

Ledakan penduduk merupakan masalah besar yang dihadapi oleh dunia, termasuk Indonesia yang penduduknya sangat banyak. Karena Indonesia masih merupakan negara berkembang, di negara maju pertambahan penduduk tidak sebanyak di negara berkembang.

Pertambahan penduduk yang begitu cepat bisa mengakibatkan banyak masalah tambahan yang harus dihadapi, masalah yang akan timbul bila terjadi ledakan penduduk yang terutama adalah kelaparan. Karena jumlah penduduk yang banyak tentu saja bahan pangan yang di konsumsi harus banyak juga jumlahnya, apabila jumlah bahan pangan yang tersedia kurang dari yang dibutuhkan karena terlalu tinggi tingkat konsumsi penduduk Indonesia suatu saat nanti saat ledakan penduduk besar terjadi kelaparan akan melanda Indonesia.

Masalah yang kedua bila terjadi ledakan penduduk adalah kurangnya lahan untuk tempat tinggal. Kenapa? Karena setiap penduduk, terlebih yang sudah menikah mereka akan membutuhkan rumah untuk keluarganya tinggal dan bernaung, apabila terjadi ledakan penduduk tentu saja nantinya akan makin banyak orang yang membutuhkan rumah untuk tempat tinggal, apabila lahan yang tersedia sudah habis untuk menjadi rumah, akan dimana lagi kita bisa tinggal?

Masalah yang ketiga adalah kemacetan, kemacetan bukanlah hal yang luar biasa untuk orang Indonesia, terlebih mereka yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Kemacetan merupakan makanan sehari-hari untuk orang yang tinggal di kota besar, kemacetan terjadi karena banyak penduduk berurbanisasi masuk ke kota besar untuk mencari pekerjaan dan kebanyakan orang yang bekerja menggunakan kendaraan pribadi daripada kendaraan umum yang telah disediakan, semakin banyak penduduk yang berurbanisasi maka kemacetan semakin rentan terjadi.

Solusi pertama untuk mengatasi ledakan penduduk adalah mengikuti program KB yang diselenggarakan oleh pemerintah, dengan melakukan KB kita bisa mengurangi ledakan pendudukan yang terjadi, pikirkan apabila ada sepuluh keluarga dan tiap satu keluarga mempunyai tiga anak, berarti akan ada tiga puluh penduduk baru yang akan berjalan di Indonesia, bila ber-KB dengan hanya mempunyai dua orang anak yang artinya kita bisa mengurangi sepuluh orang yang berjalan di Indonesia. Lebih baik mempunyai dua orang anak daripada mempunyai banyak anak tetapi tidak bisa merawat mereka semua dengan baik.

Solusi yang kedua adalah melakukan perataan penduduk yang artinya melakukan reurbanisasi dan melakukan transmigrasi untuk penduduk yang berasal dari luar daerah. Dengan melakukan itu kita bisa membuat perataan penduduk yang akan mengisi lahan lahan yang masih kosong di luar daerah sana dan akan mengurangin kemacetan serta kurangnya lahan tempat tinggal.

Solusi yang ketiga adalah menambah lapangan kerja di luar daerah, memperbanyak wiraswastawan di luar daerah yang akan menambah lapangan kerja akan mencegah terjadinya urbanisasi, jadinya tidak akan terjadi ledakan penduduk di satu tempat saja.
-yafettezw.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

Powered by Blogger.