Wednesday, July 3, 2013

BKKBN Gandeng UNS Tangani Masalah Kependudukan

Ilustrasi. (Foto: okezone)SOLO - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) menggandeng Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta untuk berkerjasama dalam penanganan masalah kependudukan.

Terutama dalam penelitian dan penyediaan data kependudukan hingga sosialisasi kepada masyarakat. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kerjasama antara UNS dengan BKKBN di Gedung Rektorat UNS, Solo, Senin (20/5/2013).

UNS diwakili oleh Pembantu Rektor II UNS, Prof Dr. Jamal Wiwoho, SH dan BKKBN diwakili oleh Deputi Pengendalian Penduduk BKKBN Dr. Wendy Hartanto.

Pada kesempatan itu, Jamal mengatakan bahwa UNS memiliki struktur dan infrastruktur yang memadai untuk melaksanakan penelitian di bidang kependudukan, seperti Pusat Pengembangan Kependudukan (PPK) di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM).

"Selain itu, di antara sembilan fakultas di UNS ada enam fakultas yang telah menerapkan mata kuliah kependudukan sebagai mata kuliah wajib," jelas Pembantu Rektor II UNS.

Terkait dengan kerjasama itu, Jamal mengatakan bahwa untuk membantu sosialisasi kependudukan, saat ini UNS telah menyiapkan sebanyak 5.000 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) saat melaksanakan KKN pada Agustus 2013 mendatang.

Sementara itu, Wendy Hartanto mengatakan bahwa ketersediaan data dan penelitian adalah penting untuk dapat menyelesaikan masalah kependudukan. Oleh karena itu, BKKBN mengandeng perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya adalah UNS untuk membantu menyediakan data dan penelitian, bahkan sekaligus sosialisasi kependudukan. (ade)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

Powered by Blogger.