Wednesday, July 3, 2013

Program KB Berbasis Pasar Tradisional Diluncurkan

INDRALAYA, KOMPAS.com — Program Keluarga Berencana (KB) berbasis pasar tradisional diluncurkan di Pasar Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Rabu (12/12/2012).
Program bertajuk "Gerakan Pemberdayaan Keluarga Pas Sasaran (Gerebek Pasar)" ini dimaksudkan untuk menyosialisasikan gerakan KB melalui pasar tradisional.
Acara yang diselenggarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) itu dihadiri camat dan lurah di seluruh Ogan Ilir. Selain itu, dibuka klinik KB gratis di mobil-mobil operasional.
Sebanyak 15 pria juga mendaftarkan diri untuk vasektomi. Selain gratis, para kaum lelaki yang menjalani operasi kecil di mobil operasional itu juga memperoleh Rp 150.000 per orang sebagai bantuan jatah hidup tiga hari.
"Ini karena mereka harus istirahat, tak bisa kerja tiga hari setelah operasi ini," kata Evi Siliviani, Kasubdit Kesertaan KB Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus BKKBN Sumsel.
Wakil Bupati Ogan Ilir Daud Hasyim mengatakan, gerakan ini diharapkan meningkatkan kemauan masyarakat untuk KB.
Melalui pasar, sosialisasi KB diharap lebih efektif mengingat pasar tradisional menjadi lokasi bertemunya masyarakat dari berbagai kalangan.
Program ini juga diharapkan bisa menjadi proyek percontohan untuk Indonesia. Saat ini, pertambahan penduduk di Indonesia sekitar empat juta setahun. Pertumbuhan penduduk dinilai perlu segera diredam.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

Powered by Blogger.